Penyakit Diabetes Dan Darah Tinggi Cobalah Ramuan ini, Begini Cara Mengolahnya

Reportaseterkini.net - SAMBILOTOTUMBUHAN  berkhasiat ini telah dikenal sejak abad 18 Masehi sebagai tanaman obat. Sambiloto (andrographis paniculata) telah dikenal di berbagai wilayah yang menyebar dari India, Asia Tenggara, negeri Cina, bahkan hingga ke benua Amerika .



Orang-orang India menyebutnya mahatitka dan dalam tradisi pengobatan India kuno, Ayurveda, tumbuhan ini disebut kalmegh . Di nusantara , tumbuhan ini juga dikenang dengan berbagai nama : ampadu tanah (Sumatera Barat), andiloto(Jawa Tengah), ki peurat(Jawa Barat),Pepaitan(Madura). Sementara orang China menamainya Chuan xin lien.

Manfaat
Sambiloto dikenal karena rasa pahitnya. Rasa pahit inilah yang terkandung dalam senyawa andrographolide pada daun sambiloto .Nah, senyawa ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit . Andrographolide mempunyai sifat melindungi hati(Hepatoprotektif).dan terbukti mampu melindungi hati dari efek negative galaktosamin dan parasetamol, meningkatkan kekebalan tubuh, juga untuk menghambat sel kanker .

Sementara kandungan lainnya, kalium, memberikan khasiat untuk menurunkan tekanan darah. Hasil percobaan farmakologi menunjukan bahwa air rebusan daun sambiloto 10% dengan takran 0,3ml/kg berat badan memberikan penurunan kadar gula darah . kalium juga berfungsi untuk mengatasi hipertensi, karena kalium yang tinggi dalam daun sambiloto, jika dikonsumsi, mampu mengeluarkan air garam dengan lancar dalam tubuh .

Secara umum , daun sambiloto dipercaya juga mampu mencegah pembentukan radang, memperlancar air seni (diuretika), menurunkan panas badan (antipiretika), obat sakit perut, kencing manis, dan racun . Daun sambiloto juga dipercaya sebagai obat penyakit tifus dengan cara meminum air rebusan dari 10-15 daun sambiloto yang direbus sampai mendidih .

Olahan 
Sambiloto dapat diolah menjadi berbagai macam ramuan yang sangat ampuh untuk mengobati  beragam penyakit.
Berikut ini adalah salah satu, yaitu ramuan sambiloto sebagai obat darah tinggi. Begini cara membuatnya :

Keringkan daun sambiloto sebanyak 10-20 gram , bisa direbus atau di giling hingga halus lalu diseduh, minum 3-4kali sehari atau4-6 tablet apabila  serbuk yang halus tadi dimasukan kedalam kapsul. [reportaseterkini.net] 

Baca Juga Wanita Ini Mengoleskan Susu Beruang Pada Wajahnya, Hasilnya Bikin Melongo (Klik Gambar)
 DESKRIPSI GAMBAR    

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Penyakit Diabetes Dan Darah Tinggi Cobalah Ramuan ini, Begini Cara Mengolahnya "

Post a Comment