Manfaat Sirsak Untuk Mengobati Kanker, Kista Dan Paru-Paru, Begini Olahannya

Reportaseterkini.net - SIRSAK (annona muricata L.) yang disebut juga nangka belanda atau durian belanda merupakan tanaman buah dari karibia, Amerika  Tengah dan Amerika Selatan penyebutan”Belanda” serta nama sirsak berasal dari kata zuursak dalam bahasa belanda menunjukkan bahwa pohon buah ini didatangkan oleh pemerintah colonial Hindia-Belanda ke Nusantara pada abad ke -19.



Buah sirsak yang berasa asam manis itu banyak mengandung vitamin C. Tidak hanya vitamin C saja, sirsak juga mengandung Vitamin A. Vitamin B1 dan vitamin B2 juga ada dalam kandungan buah ini meskipun rendah. Sementara kandungan serat dan nutrisi penting lainnya juga banyak terkandung dalam buah ini.

Manfaat 
Hingga sejauh ini, banyak orang hanya hanya mengetahui pemanfaatan sirsak sebatas pada buahnya saja, banyak yang tidak tahu bahwa daun sirsak juga memiliki kegunaan untuk  kesehatan. Daun sirsak ternyata mengandung banyak manfaat untuk bahan pengobatan herbal, dan untuk menjaga kondisi tubuh. Dibalik manfaatnya ternyata tak lepas dari kandungannya yang banyak mengandung annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin. Kandungan senyawa ini merupakan senyawa yang banyak sekali manfaatnya bagi tubuh, bisa sebagai obat penyakit atau untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sejak sekitar tahun 1965, berbagai studi para ilmuwan membuktikan ekstrak daun sirsak memiliki khasiat yang lebih baik dari hemoterapi, bahkan ekstrak tersebut bisa memperlambat pertumbuhan kanker. Pada 1976, National Cancer Institute telah melakukan penilitian ilmiah dan hasilnya menyatakan daun sirsak efektif menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker. Ini karena kandungannya yang sangat tinggi senyawa proaktif bagi tubuh dan ini jarang ditemukan pada buah lain. Daun pohon sirsak sangat efektif untuk kanker prostat, pancreas dan paru-paru. Zat dalam ekstrak daun sirsak mampu menyerang sel-sel kanker secara efektif karena tidak membahayakan sel yang sehat, serta tidak menyebabkan rasa mual ekstrim, kehilangan berat badan dan rambut rontok seperti dalam kemoterapi. Konsumsi ekstrak daun sirsak juga diyakini mampu meningkatkan energy didalam tubuh, menambah stamina, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi yang mematikan serta mapu mencegah radikal bebas, dan masih banyak lagi khasiat lainnya.

Olahan 
Buah sirsak cocok diolah menjadi minuman, salah satunya adalah dibuat Punch Sari Sirsak. Berikut cara meraciknya.

Punch Sari Sirsak ( untuk 2 porsi)
Bahan: 

  • 300gram sirsak yang sudah dibuang kulit dan bijinya
  • 250gram melon matang yang sudah dikupas
  • 50gram gula pasir
  • 100cc air
  • Jeruk lemon, ambil airnya
  • 300cc sprite
  • Es bantu 

Cara membuat:

  • Blender sirsak bersama melon, gula pasir, dan air sampai halus. Setelah itu campurkan campur blenderan buah bersama air jeruk lemon lalu aduk rata. 
  • Tambahkan sprite, perlahan. 
  • Sajikan bersama es batu . [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates: