Manfaat Daun Dan Buah Srikaya Untuk Pengobatan, Begini Caranya

Reportaseterkini.net - SRIKAYA atau buah nona hanya tumbuh didaerah yang beriklim tropis. Buah benama latin anonna squamosa ini hanya akan berbuah jkatumbuhannya sudah berumur 2 tahun. Buah srikaya berbentuk bulat dengan kulit bermamata banyak(mirip dengan sirsak) sedang daging buahnya berwarna  putih dan rasanya manis. Srikaya memiliki banyak khasiat  pengobatan, dari buah, biji, daun hingga akar dan kulit pohonnya.



Manfaat 
Buahnya kaya akan vitamin B6 yang dapat mencegah yerjadinya penumpukan hemositein yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit. Bauh ini juga memilikikandungan niasin yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Serat yang tinggi dalam buah ini juga bisa mengatsi konstipasi(sembelit) serta memperlambat laju penyerapan gula darah sehingga dapat mencegah diabetes. Sementara kandungan asam folat buah srikaya juga baik untuk ibu hamil.

Bijinya buah srikaya bisa dimanfaatkan untuk mengatasi pencernaan lemah serta cacingan dengan meminum air rebusan biji srikaya. Bini ini juga bisa untuk mengatasi bisul dengan cara menumbuk atau menggilingnya halus lalu ditempelkan pada bisul.

Sementara daun srikaya juga bisa di manfaat untuk menyembuhkan sakit radang, mengobati penyakit batuk ringan, menyembuhkan demam, meredakan nyeri rematik, membantu menrunkan kadar asam urat, mengobati diare, mengobati disentri, membantu melancarkan pencernaan serta menyembuhkan flu.

Akar pohon srikaya bisa digunakan untuk mengobati sembelit, disentri akut, depresi mental, dan nyeri tulang punggung. Sedangka kulit kayunya digunakan untuk mengatasi diare, disentri, dan luka berdarah. Caranya dengan merebus dan meminum air dari buah hingga akarnya, maka sebaiknya kita mulai berpaling pada tanaman ini sebagai alternative pengobatan herbal. [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates: