Manfaat Dahsyat Buah Rambutan Bagi Kesehatan Dan Pengobatan, Begini Olahannya

Reportaseterkini.net - RAMBUTAN . Buah musiman ini tumbuh besar diwilayah tropis Asia Tenggara. Berdasarkan pada peneitian yang dilakukan oleh berbagai lembaga dan ahli kesehatan, rammbutan(nephelium lappaceum) memiliki manfaat kesehatan serta gizi yang serupa dengan jeruk dan apel. 


Didalam tubuh rambutan terdapat banyak senyawa penting seperti vitamin C, zat besi, fosfor, protein, dan karbohidrat, semua zat tersebut dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Buah rambutan dikenal lezat, manis serta rendah lemak. Sebagian besar kalori rambutan berasal dari karbohidrat. Institute of medicine merekomendasikan 130gram rambutan untuk dikonsumsi harian. 

Manfaat 
Zat besi dalam rambutan juga bermanfaat. Zat ini diperlukan untuk mengontrol kadar oksigen dalm tubuh. Zat besi membantu mencegah kelelahan dan pusing yang disebakan anemia. Selain itu, daging rambutan juga memenuhi 4,3% dari kebutuhan fosfor harian untuk tubuh. Fosfor berguna untuk membantu menyaring limbah dari dalam ginjal, serta diperlukan untuk pertumbuha, pemeliharaan, dan perbaikan jaringan sel tubuh. 

Kulit buah rambutan mengandung tannin dan saponin. Bijinya mengandung lemak dan polifenol. Daun mengandung tannin, saponin, flavonida, pectic substance, dan zat besi. Kulit buahnya bisa digunakan untuk mengatasi disentri dan demam, kulit kayu digunakan untuk mengatasi sariawan, dunnya bisa untuk mengatasi diare dan menghitamkan rambut, akarnya digunakan untuk demam, dan biji bisa digunakan untuk mengatasi kencing manis(diabetes militus).

Buah rambutan juga cocok untuk ibu hamil. Rambutan bermanfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan, sehingga ibu hamil akan terhindar dari masalah buang air besar, diare, sembelit, vitamin E dalam buah ini akan membantu mencegah jerawat, penuaan dini, gatal-gatal dan kulit kusam saat kehamilan. Selain hal itu, buah ini juga akan membantu menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi, serta mencegah pembengkakan tangan dan kaki akibat kurang lancarnya sirkulasi darah saat hamil. 

Olahan 
Selain enak dimakan langsung, buah rambutan dapat pula dibuat menjadi olahan minuman salah satunya setup. Berikut ini resepnya, bisa Anda coba dirumah. 

Setup Rambutan 
Bahan: 
  • 20 gr gula pasir 
  • 700cc air 
  • 10biji buah nangka, buang bijinya
  • 2sdt tepung maizena, cairkan
  • 3 ikat buah rambutan, kupas
  • 1 potong kecil kayu manis

Cara membuat
  • Rebus gula pasir, kayu manis dan air hingga mendidih, kemudian saring, dan didihkan lagi. 
  • Tambahkan buah nangka dan buah rambutan, masak sekitar 2 menit. 
  • Masukkan larutan tepung maizena, sesaat sebelum bahan-bahan diatas diangkat dari api. 
  • Sajikan setup buah rambutan dengan mangkok atau gelas saji. Dapat dinikmati dalam keadaan hangat atau dingin. [reportaseterkini.net]

Baca Juga Wanita Ini Mengoleskan Susu Beruang Pada Wajahnya, Hasilnya Bikin Melongo (Klik Gambar)
 DESKRIPSI GAMBAR    

Subscribe to receive free email updates: