Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan, Mencegah Penuaan Dini, dan Mencerahkan Kulit, Begini Olahannya

Reportaseterkini.net - MANGGIS (garcinia mangostana L.) diyakini buah asli nusantara. Sejak dahulu, buah ini menjadi hidangan favorit ratu dan puteri anak raja karena rasanya yang manis. Maka wajar jika banyak menyebutnya sebagai”ratu buah”. Buah manggis kaya dengan Xanthones yang merupakan jenis antioksida. Buah ini dikatakan bisa membantu memulihkan sistem imunisasi badan.


Manfaat 
Dahulu, konsumsi maggis hanya sekedar pada buahnya, sementara kulinya yang bergetah dibuang . belakangan kulit buah manggis ini menjadi begitu populer karena berdasarkan penelitian, memiliki manfaat yang begitu besar untuk kesehatan . kulit manggis mengandung  xanthone yang bisa mencapai 123,97mg/ml. Xanthone yang terkandung dalam kulit manggis mepunyai aktifitas antioksidan dan anti-inflamasi sehingga bisa menangkal radikal bebas dan kerusakan sel serta menghambat bahkan membunuh sel-sel kanker yang ganas dan berpotensi membahayakan manusia. Bahkan, belakangan ini para ilmuwan tengah gencar mengadangan penelitian ilmiah terhadap kulit manggis ini sebagai obat HIV/AIDS yang memang hingga sekarang belum ditemukan obatnya.

Kulit buah manggis juga memiliki manfaat lain berkaitan dengan maslah berat badan. Kandungan xanthone dalam kulit buah queen of fruit ini dipercaya dapat menurunkan berat badan karena fungsinya yang  juga bisa menstimulasi lemak dalam tubuh sehingga berkurang. Selain bisa menjadi pemicu untuk menurunkan berat badan, xanthone juga berperan dalam mengobati ketegangan otot untuk mencegah penuaan dini yang  yang kerap terjadi pada beberapa orang.

Sel-sel kulit yang telah rusak bisa diperbaiki oleh antioksidan yang terkandung dalam buah kulit manggis Manggis. Bahkan jika rutin mengkonsumsi jus atau olahan dari kulit buah Manggis secar konsisten maka kulit akan terasa lebih kencang dan segar. Oleh sebab itu, khususnya untuk perempuan yang ingin selalu terlihat awet muda dan kulitnya terlihat kencang, mengkonsumsi jus kulit buah Manggis secara berkala dan teratur sangat dianjurkan. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah kulit manggis juga mengandung kadar resin, serat kasar, dan tannin yang bisa mengakibatkan gangguan pencernaan jika dikonsumsi terlalu banyak dan berlebihan.

Olahan 
Sudah diterangkan diatas bahwa ternyata kulit manggis memiliki manfaat lebih disbanding dengan buahnya. Kulit manggis sebenarnya bisa dikonsumsi dengan merebusnya, kemudian saringan airnya bisa diminum. Selain itu kulit manggis juga bisa dibuat jus dengan cara diblender, nah berikut cara membuatnya.

Resep Jus Kulit Manggis
Bahan: 
  • Kulit manggis yang masih segar
  • Pemanis seperti gula jawa, gula arena tau madu
  • Air matang secukupnya
  • Es batu
Cara membuat:
  • Pilih kulit buah manggis yang masih segar, kerok bagian dalam kulit manggis yang ada selaput putih seperti benang.
  • Blender bersama air hingga halus(untuk meminimalkan rasa pahit, sesuaikan jumlah air untuk campuran, tergantung selera)
  • Tuang kedalam gelas lalu tambahkan madu atau gula jawa kemudian aduk.
  • Jus kulit manggis siap dinikmati, agar lebih segar bisa tambahkan es batu. 
Perlu di perhatikan, tidak semua orang cocok jus manggis. Untuk menghindari alergi
(biasanya berefek perut mual atau diare), saat pertama kali mengkonsumsinya, minumlah jus sedikit demi sedkit hingga terbiasa. [reportaseterkini.net]

Baca Juga Wanita Ini Mengoleskan Susu Beruang Pada Wajahnya, Hasilnya Bikin Melongo (Klik Gambar)
 DESKRIPSI GAMBAR    

Subscribe to receive free email updates: