Khasiat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan Dan Keindahan Tubuh, Begini Olahannya

Reportaseterkini.net - KAMBOJA atau lebih tepatnya bunga kamboja (plumeria) merupakan salah satu jenis bunga yang dapat dengan mudah di temukan di Indonesia. Namun, bunga ini ternyata bukan berasal dari Asia Tenggara dan tidak ada hubungannya dengan nama Negara atau kerajaan Kamboja. Tempat asal bunga kamboja adalah dari benua  Amerika bagian tengah dan Selatan seperti, Meksiko, Ekuador, Kolombia, Kuba, dan Venezuela.


Lantas, mengapa bunga kamboja sangat dikenal di Indonesia? Bunga ini diperkirakan dibawa oleh kaum pedagang dari Portugis dan Belanda pada masa colonial dulu. Bunga kamboja dapat tumbuh subur didataran rendah sampai pada ketinggian 700 meter. Namun, secara umum tanaman ini bisa tumbuh disemua tempat.

Manfaat 
Beberapa senyawa yang berkhasiat terkandung dibunga kamboja, seperti triterprenoid amirin, lupeol, dan fulvoplumierin, juga mengandung nutrisi yakni vitamin E dan emolien, sehingga bunga ini dapat digunakan sebagi obat dan juga berguna untuk merawat kesehatan serta keindahan tubuh. Oleh karena itu, bunga kamboja sering digunakan sebagai bahan untuk membuat kosmetik dan minyak wangi atau parfum.

Bunga kamboja juga bisa untuk mengobati beberapa jenis penyakit kulit seperti bisul, bengkak, patek, kutil, panu, bahkan bisa untuk menghilangkan tahi lalat dan mengobati kaki pecah-pecah. Sedangkan akar pohon kamboja sangat berkhasiat sebagai obat penyakit kelamin, yaitu kencing nanah atau gonorrhea.

Olahan 
Bunga kamboja dapat diolah menjadi beberapa jenis makanan, seperti untuk membuat kue, tempura, asinan, juga minuman yang menyegarkan sekaligus menyehatkan. Sebagai contoh, berikut ini kiat-kiat membuat Teh Bunga Kamboja:

Cara membuat:

  • Pilihlah bunga kamboja yang berkualitas. Salah satu cirri bunga kamboja yang berkualitas bagus adalah yang sudah berusia tua tidak ada bekas dimakan serangga pada bunga tersebut. 
  • Keringkan bunga kamboja dengan cara dijemur diterik matahari. Bisa pula menggunakan oven untuk mengeringkannya namun lebih sempurna jika dikeringkan secar alami. 
  • Setelah benar-benar kering, pilih bunga kamboja yang masih utuh dan tidak pecah. Jika sudah, berarti bunga kamboj telah siap diseduh seperti layaknya menyeduh teh. 
  • Ambil beberapa bunga kamboja dan seduhlah dengan air panas. Tuangkan ke cangkir secukupnya dan tambahkan gula pasir sesuai selera. Teh bunga kamboja sudah yang harum, nikmat, dan sehat sudah siap untuk diminum. [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates: