Inilah Manfaat Dahsyat Tomat Untuk Kesehatan Dan Wajah Anda, Begini Cara Mengolahnya

Reportaseterkini.net - TOMAT (Solanum lycopersicum) bukan asli Indonesia. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tengah dan selatan, dari meksiko hingga peru. Dahulu tumbuhan ini dibudidaya oleh orang-orang Indian. Tetapi hingga hari ini, tomat kerap hadir di dpur-dapur rumah tangga masyarakat Indonesia. Tomat menjadi bahan untuk berbagai olahan masakan.


Manfaat
 Buah tomat mengandung banyak zat yang baik bagi tubuh. Buah tomat kaya akan vitamin A ( karoten), vitamin B (thiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin C  (Asam Askorbat) dan memiliki mineral-mineral seperti protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor dan zat besi. Riboflin misalnya sangat bermanfaat untuk pembentukan sel darah yang kaya akan oksigen, kandungan oksigen dalam darah sangat baik untuk kesehatan seperti mengurangi tekanan darah, jantung semakin baik dan lain-lain. Jadi tidak ada salahnya rutin mengkonsumsi tomat.

Vitamin A dan C yang ada dalam buah tomat juga berfungsi untuk menetralisir radikal bebas dalam tubuh. Kandungan vitamin A yang banyak pada tomat, juga sangat baik bagi kesehatan mata. Vitamin A mampu mengkoversi sinyal molekul dari sinar yang diterima oleh retina untuk menjadi suatu proyeksi gambar diotak. Jika mata kekurangan vitamin A maka mata akan mengalami gangguan.

Tomat juga mengandung anti inflamasi yang mampu merespon radang seperti jerawat. Maka jika sering mengalami masalah jerawat, sebaiknya mengkonsumsi tomat setiap hari. Tomat juga bisa digunakan untuk melindungi kulit wajah dan kulit tubuh. Ini dikarenakan, tomat merupakan sumber likopen. Kandungan likopen dalam tomat berfungsi untuk mencegah kerusakan jaringan kulit yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet matahari. Kandungan likopen ini juga baik untuk penyakit berat seperti kanker. Para penderita kanker prostat, mulut, tenggorokan, lambung, usus besar, dan kanker ovarium, memang dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi buah tomat ini.

Olahan
Tomat bisa dimakan langsung, dibuat  jus, juga bisa menjadi tambahan bahan sup atau sayur. Bagi penyuka sambal, tomat pun menjadi banyak pilihan karena rasanya segar manis bercampur pedas sangat cocok untuk lidah Indonesia. Ingin mencoba mebuat sambal tomat, berikut caranya.

Sambal Tomat Matang
Bahan:
  • 2-4 tomat matang atau tergantung selera
  • 5-10 cabe rawit atau tergantung selera
  • 1-2 siung bawang merah 
  • 1-2 siung bawang putih
  • Minyak goreng 
  • Garam goreng 
  • Bumbu penyedap (bila perlu)
Cara membuat.
  • Tumis bawang merah, bawang putih, dan cabe hingga harum, tiriskan.
  • Setelah itu goreng tomat dengan sisa minyak tumis, tiriskan
  • Untuk tahap ini, lebih afdol jika bahan dihaluskan manual yakni memakai muthu dan ulekan yang terbuat dari batu. Nah, haluskan tumisan bawang merah, bawang putih, dan cabe. Kemudian tambahkan garam sesuai selera, boleh juga dikasih bumbu penyedap.
  • Setelah itu campurkan tomat ulek pelan(jangan terlalu halus)
  • Sambal tomat siap disantap dengan nasi dan lauk. [reportaseterkini.net]

Baca Juga Wanita Ini Mengoleskan Susu Beruang Pada Wajahnya, Hasilnya Bikin Melongo (Klik Gambar)
 DESKRIPSI GAMBAR    

Subscribe to receive free email updates: