Cara Mudah Dan Ampuh Mengatasi Nyeri Haid Dan Haid Tidak Teratur

Reportaseterkini.netRUMPUT TEKI (cyperus rotundus . L) atau orang jawa menyebutnya suket teki merupakan salah satu tanaman gulma sejenis rerumputan yang bisa bertahan hidup sepanjang tahun hingga mudah dijumpai dimana-mana . Tentu saja banyak orang menganggapnya sebagai tanaman liar yang dijadikan makanan ternak (Kambing) atau anak-anak jaman dulu menganyamnya menjadi wayang berukuran kecil , wayang suket teki .


Manfaat 
Tetapi rumput teki ternyata memiliki fungsi lain sebagai tanaman penyembuh. Dari hasil penelitian diperoleh fakta bahwa umbi(rimpang) rumput teki ini mengandung alkaloid , glikosida jantung, flavonoid dan minyak menguap sebanyak 1% yang isinya bervariasi, tergantung daerah asal tumbuhnya . Akar suket teki  jepang misalnya berisi cyperol , cyperene I dan II, alfa-cyperone, cyperotundone dan cyperolone, sedangkan yang berasal dari Cina berisi patchoulenone dan cyperene. Minyak essensial yang berasal dari umbi rumput teki ini mengandung sedikitnya 27 senyawa yang terdiri dari seskuiterpen, hidrokarbon, epokside, keton-keton, monoterpen dan alifatik alcohol serta beberapa senyawa lain.

Rumput teki ini banyak digunakan oleh masyarakat di berbagai daerah untuk mengatasi masalah datang bulan yang tidak teratur . Selain itu tanaman ini juga bisa untuk obat bengkak atau buung, juga untuk obat bisulan . Kegunaan lain secara tradisional dari rumput teki teki ini adalah untuk mengobati panas(penurun demam) dan juga sebagai penghilang rasa sakit . Di beberapa Negara seperti Cina, Mesir, India, dan Sudan, rumput ini sudah lama digunakan untuk mengatasi gangguan fungsi pencernaan seperti mual , muntah, nyeri lambung, nyeri perut. Dari hasil percobaan yang dilakukan para ilmuwan, diketahui bahwa tanaman ini mempunyai efek antihistamin dan memiliki khasiat sebagai antiemetic(anti muntah). Nah ternyata rumput memiliki banyak manfaat, karena itu jangan hanya menganggap tanaman ini sebagai tanaman pengganggu . Berikut beberapa resep olahan rumput teki untuk pengobatan.

Mengatasi Nyeri dan Haid Tidak Teratur 

Bahan : 

  • Umbi teki6-9 gr
  • Air bersih 3 gelas

Cara membuat : 

Cuci umbinya hingga bersih. Rebus ramuan menggunakan tiga gelas air bersih sampai mendidih.Setelah dingin saring dan minum airnya .
Mengatasi Busung atau Bengkak

  • Teki 3 rimpang 
  • Air panas ¾ cangkir 
  • Madu 


Cara membuat : 
Cuci rimpang hingga bersih lalu tumbuk sampai halus. Setelah itu seduh dengan tiga perempat gelas air panas. Dinginkan dan saring ramuan . Supaya rasanya lebih enak tambahkan madu minum ramuan ini 2x1 hari. [reportaseterkini.net]

Baca Juga Wanita Ini Mengoleskan Susu Beruang Pada Wajahnya, Hasilnya Bikin Melongo (Klik Gambar)
 DESKRIPSI GAMBAR    

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cara Mudah Dan Ampuh Mengatasi Nyeri Haid Dan Haid Tidak Teratur "

Post a Comment